Monday, April 3, 2017

#MemesonaItu Tidak Takut Malu

Halo,



Apa sih yang kamu rasakan saat kamu tampil dengan gaya yang berbeda dari penampilanmu pada biasanya? Misalnya nih, kamu diminta untuk berdandan untuk acara prom night sekolah. Atau sebaliknya, kamu yang biasanya berdandan kini diminta untuk tampil sepolos mungkin.

Risih? Malu?

Mungkin. Aku pun sering sekali merasa seperti itu.

Jujur saja, aku sering tidak percaya diri pada saat tidak berdandan. Mataku terlalu kecil, bibirku terlalu tebal, dan hidungku lebarnya mengalahkan lapangan sepak bola (ya, mulai lagi hiperbolanya). Keadaan diperparah dengan timbangan yang terus mengarah ke kanan. Setiap kali aku menimbang berat badanku, aku panik tujuh keliling. Seringkali aku bertanya, mengapa oh mengapa. Dunia pun mulai runtuh pada saat jerawat yang nakalnya minta ampun ikut bermunculan.

Kemudian, aku mengingat sebuah kalimat bijak yang kira-kira berbunyi seperti ini; Kamu berpikir kamu mampu, atau kamu berpikir kamu tidak mampu, kamu selalu benar.

Kalau dihubungkan dengan masalah ketidakpercayaan diri kita, kita bisa mengganti kata 'mampu' dengan 'memesona'. Masuk akal, bukan?

Kita sudah mendapatkan premis seperti ini;

Kamu berpikir kamu memesona, atau kamu berpikir kamu tidak memesona, kamu selalu benar.


Dari tadi aku membahas pesona dan memesona terus, nih. Sebetulnya, apa itu arti dari kata memesona? Nah, hal tersebut jugalah  yang memang ingin kubahas pada post kali ini.

Menurut kamus KBBI, memesona adalah mengagumkan dan menarik perhatian.

Untuk tampil mengagumkan dan menarik perhatian, kita harus melakukan sesuatu yang tidak biasa. Sesuatu yang berada di luar zona nyaman kita. Sesuatu itu adalah tampil berbeda.

Ternyata, banyak sekali yang malu bila diminta berpenampilan  berbeda dari biasanya. Menurutku, tidak ada salahnya kita mengeksplorasi beberapa style yang baru, lho. Kalau kamu malu berdandan, sesekali kamu boleh memakaikan eyeliner pada mata cantikmu agar terlihat berbeda. Atau apabila kamu biasa berdandan, sesekali tampilkanlah kecantikan naturalmu. Kau tahu tidak bahwa banyak lelaki menyukai perempuan yang bisa tampil berbeda dan membuat pangling?

#MemesonaItu tidak takut malu. #MemesonaItu berani tampil beda.

Kamu malu atau tidak itu bergantung pada kemauanmu. Ingat, apapun yang kamu pikirkan akan selalu benar. Semua itu bergantung pada perspektif.

Sekarang pertanyaannya adalah, bagaimana cara kita tampil memesona? Berikut ini aku berikan tips-tips yang mudah-mudahan membantu, ya.

1. Sadarilah bahwa kamu sempurna dalam ketidaksempurnaanmu.

Banyaklah bersyukur atas berkat dan anugerah yang kamu miliki. Kalau kamu melihat ke atas terus, memang selalu ada langit di atas langit. Manusia tidak pernah puas, dan kita memang tidak akan pernah mencapai kesempurnaan.

2. Beranilah tampil berbeda.

Seperti yang sudah kujelaskan sebelumnya, beranilah bereksplorasi. Sekali ditertawakan, kita bisa meminta saran membangun dari rekan. Gunakan masukan tersebut sebagai motivasi untuk penampilan selanjutnya.

3. Cintailah usahamu

Hargailah dirimu sendiri atas keberanianmu. Kalau kamu mencoba perpenampilan natural dan apa adanya, kamu harus bangga karena kamu telah menunjukkan sebuah karya cantik ciptaan Tuhan. Sebaliknya, jika kamu memutuskan untuk berani tampil dengan ber-make up pada saat-saat tertentu, banggalah bahwa kamu sedang belajar merapikan diri.

4. Biasakan menggunakan style yang nyaman bagimu, dan jangan terlalu memaksakan diri.

Apabila kamu sudah mengeksplorasi beberapa cara untuk tampil memesona, buatlah sebuah gaya tersebut menjadi dominan. Jangan terlalu memaksakan diri dalam berpenampilan berbeda, yang penting kamu bisa belajar untuk melawan rasa malu tersebut.

#MemesonaItu
 
Show Comments: OR