Skip to main content

#ceritakitacastingcall

Casting?

Tunggu, tunggu. Jangan salah paham dulu, ya guys. Casting yang dimaksud bukanlah casting iklan ataupun sinetron. Wajahku layak disensor untuk itu.

Jadi, aku ceritakan awal mulanya dulu aku bisa mengikuti ajang pencarian kontributor Cerita Kita.

Waktu itu aku lagi di perpustakaan dan bosan, menunggu jam pulang kuliah. Karena nggak ada kerjaan, aku pun menjalankan ritualku men-scroll instagram. Ke atas, kebawah, dan tekan dua kali hingga muncul sebuah logo hati.

Sebuah post dari @ceritakitaid menarik perhatianku. Kira-kira intinya seperti ini:

'Kamukah kontributor untuk cerita-kita.co.id? Pilih bagian yang ingin kamu kontribusikan.'

Ada bagian writer, fotografer, desainer grafis, fashion stylist dan beauty enthusiast. Karena aku tak bisa fotografi dan fashion tidak cocok dengan style-ku, aku mikir; 'coba saja ah, mumpung bosan.'

Pendaftaranku dan tulisan yang kubuat kilat aku anggap angin lalu saja. Hidupku berjalan normal kembali, tanpa berekspektasi apa-apa.

**
1 Juni 2015.

Aku bangun tidur di mobil Papaku dan refleks membuka social media ku lagi. Maklumlah, anak masa kini memang gatal kalau jarinya nggak gerak.

Akun @ceritakitaid menyatakan sudah memilih 10 orang ditiap bagian yang didaftar.
Lagi-lagi, aku tidak mengharapkan apa-apa.

Aku membuka mulutku lebar-lebar melihat pengumumannya.

 Ya Tuhan! Writer nomor 5!

Singkat cerita, aku histeris dan pecicilan dimobil. Papaku menggeleng-gelengkan kepalanya melihat tingkahku yang seperti baru dinobatkan menjadi jutawan.

** 
6 Juni 2015

Aku datang dengan senyum berseri-seri ke venue yang telah diberitahukan kakak redaksi Majalah GoGirl sebelumnya.

Baju putih yang kupakai memang sudah sesuai dress code, sudah rapi. Namun, tetap aja aku merasa ada sesuatu yang salah. 

Seperti, ini aku betul-betul terpilih dan berada di 10 besar? Aku terpilih untuk mengikuti workshop ini?



Setelah registrasi dan dikumpulkan disuatu hall, dipandu MC cantik bernama kak Grace, kami dibagi-bagi sesuai kelas masing-masing.

"Selamat datang kepada cewek-cewek ter-talented di Jakarta!"

Tempatnya lumayan cozy, dan cafe di Jakarta Selatan ini hari itu dipenuhi banner-banner cantik yang menampangkan acara besar sore itu.

Untuk aku yang kelas writer, kak Anita Moran-lah yang meng-coach kami.

Aku sempat heboh sendiri melihat kak Anita. Biasanya aku hanya melihatnya dihalaman depan majalah, dan aku tak bisa menahan diri untuk mengajaknya selfie. Aku agak malu-malu kucing, tapi kuputuskan sejenak untuk nekad. Kapan lagi, kan?

Wanita inspiratif ini ramah sekali, dengan lembut ia menanggapiku dan omongan nggak nyambungku.


Pendiri majalah Gogirl yang menawan tersebut bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan kami tentang penulisan dengan sangat baik. Beliau menjelaskan  mengenai mencari data dengan interview, survey, cara menulis paragraf yang flowing, hingga mengatasi writer's block yang menghambat.

Dalam waktu satu jam, kami diminta menulis sesuatu. Ya, tulisan ini akan digunakan untuk menyeleksi dua dari 10 orang penulis yang terpilih.


Walaupun agak panik, aku berhasil menyelesaikannya.

Selesai kelas, aku dan teman-teman berselfie ria dan ketawa-ketiwi. Walaupun baru kenal, aku sudah bisa luwes dengan mereka. Bukan waktulah yang menentukan sebuah kedekatan, tapi lebih ke chemistry-nya.




Pada akhirnya, aku memang tidak menjadi kontributor. 

Namun masuk dalam 10 besar dari entry-entry yang masuk, sudah merupakan kebanggaan yang luar biasa untukku. Tak ada sedikitpun rasa kecewa yang terbesit dalam hati.

Selesai foto-foto dan bertukar sosial media dengan kawan-kawan baruku; aku pulang kepada kenyataan tugas-tugas kuliah yang belum selesai. 

Penuh ilmu dan semangat baru, aku semakin passionate untuk menulis.

Aku belajar satu hal hari itu; aku tidak se-hopeless seperti yang kukira. Ya, aku memang penuh kekurangan dan mengecewakan. Tapi setidaknya, ada sedikit hal yang bisa kubanggakan dan kukembangkan. Aku berdiri untuk diriku sendiri, aku percaya pada diriku sendiri.

#ceritakitacastingcall persembahan GoGirl dan CleanAndClear, thanks for choosing me to participate! :)



Comments

Popular posts from this blog

Manado, kota yang penuh kesan

Haloo, jadi sebetulnya ini adalah tulisan yang tertunda. Aku tidak bisa menuliskan trip secara detail karena aku sempat malas menulis dan kini saat berhasil mendapatkan mood , aku malah lupa-lupa ingat. :") Maafkan saya. Aku sempat mengunjungi Manado beberapa waktu yang lalu (secara mendadak dan menyenangkan) dan akan mengulasnya sebisaku pada tulisan ini. C heck these points out ! 1. Kita dapat dengan mudah melihat keindahan laut dan pegunungan di kota Manado Pemandangan unik kombinasi laut dan gunung di Manado. Pegunungan ini terlihat dari sebuah pantai. Pantainya sendiri saja sudah indah, bagaimana kalau dikombinasi dengan view gunung? Mantap! Hati jadi ikutan adem. Indah sekali, bukan? Aku menginap di sebuah hotel yang ternyata memiliki pantai. Tempat tersebut sangat indah untuk berfoto-foto, tak lupa aku pun numpang eksis di sana. Maklumlah, mumpung background fotonya keren. I heart you. 2. Di kota Manado banyak spot indah untuk berfoto dengan m

insecurities: tragedi rambut

Hei, Maaf ya akhir-akhir ini aku banyak pikiran sehingga terlalu sering menulis di blog. Entahlah, aku merasa lebih nyaman mencurahkan uneg-uneg disini dibandingkan curhat sama teman, walaupun itu pilihan yang oke juga. Namun sejujurnya, aku sendiri tidak tahu apa yang kugelisahkan. Jadi, sepertinya random . Oh, tadi aku berniat mencoba potongan rambut baru dan dimulai dari potong poni. Setelah kutimbang-timbang, ternyata poni rata belum pernah kukenakan. Singkat cerita, aku meminta tolong Mama untuk mengguntingkannya. Dan ternyata, saudara-saudara, aku terlihat aneh karena poninya kependekan dan mengingatkanku akan sebuah boneka daruma. Ya sudahlah, que sera sera . Apapun yang terjadi terjadilah :"D Ngomong-ngomong, aku sudah mengalami banyak masalah karena rambut. Namanya juga perempuan, pasti deh insecure sama bagian-bagian tubuhnya sendiri. Termasuk juga aku. Jadi pas masa-masa puber itu, sekitar masa SMP, rambutku ngembang kayak Toad, si jamur dalam game Mario Bro

produk custom sebagai souvenir kepada mahasiswa, kenapa tidak? #merchandisekreatif

Halo, Sadarkah kamu, bahwa sekarang ini zamannya segala sesuatu yang bersifat  custom? Casing  ponsel custom couple -an, kaos custom berupa tulisan quote inspiratif... Wih, pokoknya anak zaman sekarang senang banget deh sesuatu yang menunjukkan identitas dan kepribadiannya. Entah gothic , ceria, pemalu, penggalau.. Kalau gothic ya barang-barang dia kebanyakan berwarna gelap. Ceria berwarna-warni, untuk si pemalu barang-barang yang dimiliki berwarna kalem tapi menggemaskan. Sementara untuk si penggalau, biasa pakai tulisan-tulisan dan gambar-gambar yang mewakili curahan hatinya, weiz . Produk custom menjadi tren menarik pada masa-masa sekarang. Pernah kepikiran kalau desainmu akan diwujudkan sebagai merchandise dalam bentuk produk nyata? Untuk kamu yang pengen mendesain/meng- custom barang-barang, pasti bisa banget dibantu oleh www.custombagus.com . Website dengan layout yang nyaman dilihat  ini memungkinkan desain-desainmu menjadi nyata melalui produk-produk y