Skip to main content

untuk dibaca saat: stres


Apa itu stres? Perasaan saat kau nggak mendapat hasil sesuai yang kau harapkan, perasaan saat kau dituduh sesuatu yang tak kau lakukan, ataukah perasaan saat kau tidak bisa melakukan apa-apa kah?

Semuanya meruntuhkan duniamu, ya aku mengerti. Kau sedih. Kau kecewa, kehilangan motivasi dan kepercayaan diri. Kau merasa ingin menghilang dalam lubang yang amat, sangat dalam.

Prepare, confront, cope. Ketahuilah bahwa kita akan mengalami stres, pada saat-saat nggak terduga sekalipun. Katakan pada dirimu, aku pasti bisa meng-handle ini. Semua akan ketemu jalannya kalau aku tetap tenang.

Take your time. Semua orang butuh waktu yang berbeda-beda untuk mengatasinya, jadi jangan membandingkan waktu pemulihanmu dan orang lain. Jangan malu, apalagi menjadi down karena kau susah membangkitkan motivasimu. Anggap saja zona waktumu dan dia berbeda. Kita nggak bisa menyamakan waktu di bumi dan di mars, bukan?

Do things that take your energy away. Lakukan hal-hal yang membuatmu bergerak, berkeringat, dan emosi. Lampiaskan semua perasaan tidak menyenangkanmu melalui keringat. Menari-nari, menyanyi-nyanyi, nonjok-nonjok... Kalau aku bahkan memilih mensetrika baju dan membereskan kamar di saat stres.

Understand what your problem is. Terdengar simpel dan barangkali aneh, tapi terkadang kita memang stres untuk masalah yang kita sendiri nggak tahu apa. Jangan-jangan hal tersebut bukan masalah yang perlu kita pusingkan? Kalaupun hal tersebut betul-betul masalah, apakah ada solusi yang bisa dipikirkan daripada sakit kepala nggak jelas? Lagipula, siapa tahu sebetulnya ada strategi-strategi yang bisa kita tempuh untuk menghadapi masalah tersebut.

Talk to others. Aku dulu juga sempat malu untuk bercerita karena menganggap semua orang akan menghakimi dan bilang aku terlalu sensitif, dan bakal nyalahin aku. Tapi ingatkah bahwa kita nggak boleh nge-judge orang sembarangan? Nggak semua orang bakal menggosip dan meremehkan omongan kita. To be healthy, start talking to others.

Treat yourself right. Separah apapun keadaanmu, jangan lupa makan dan minum. Bercerminlah dengan perasaan senang, berbicaralah kepada dirimu sendiri sama halnya kau berbicara dengan orang yang kau kagumi. Belajarlah untuk menghargai diri dengan talking positively. Aku tahu ini easier said than done. Well, practice makes perfect!

Break down your problem solvings into concrete steps. Kalau kau sedang memikirkan solusi, lebih baik dibuat dalam langkah-langkah. Persis resep memasak. Ikuti dan percayalah pada langkah-langkah yang kau buat. Have faith in God, as well.

Take your time, but rush as well. Jangan membiarkan dirimu terlena dan jadi mengabaikan hal-hal yang penting. Bertanggungjawablah, jangan biarkan kejadian-kejadian menjadikanmu pengecut yang kabur-kaburan. I know it's hard. Beri pujian pada dirimu kalau kau berhasil melalui bad day tanpa kabur. You have to salute yourself!

Bersyukur. Lihatlah ke bawah dan ketahuilah, banyak orang mengalami keadaan yang lebih buruk darimu. Tips ini sangat berguna untukku. Dengarkan cerita-cerita tentang orang yang berjuang menghadapi atasan yang mengerikan, namun tetap bertahan demi memberi makan anak-anaknya. Atau tentang orang yang tiap hari dimaki-maki, namun tetap harus professional. Ya, jangan hanya melihat ke atas, kau harus melihat orang-orang yang lebih bermasalah agar kau bisa mensyukuri segala keadaan dan berkatmu.

Aku tahu ini susah, dan cliché. Tapi kau harus tahu betapa hebatnya kau jika berhasil melakukan pengendalian stres ini. Setiap orang pasti mengalami masalah, tapi justru stres adalah 'makanan' yang dibutuhkan oleh perkembangan (dikutip dari nasihat dosenku di kelas).

Kalau lagi pusing atau mengalami bad day, bacalah ulang tulisan ini. Breathe. ;)

Comments

Popular posts from this blog

Manado, kota yang penuh kesan

Haloo, jadi sebetulnya ini adalah tulisan yang tertunda. Aku tidak bisa menuliskan trip secara detail karena aku sempat malas menulis dan kini saat berhasil mendapatkan mood , aku malah lupa-lupa ingat. :") Maafkan saya. Aku sempat mengunjungi Manado beberapa waktu yang lalu (secara mendadak dan menyenangkan) dan akan mengulasnya sebisaku pada tulisan ini. C heck these points out ! 1. Kita dapat dengan mudah melihat keindahan laut dan pegunungan di kota Manado Pemandangan unik kombinasi laut dan gunung di Manado. Pegunungan ini terlihat dari sebuah pantai. Pantainya sendiri saja sudah indah, bagaimana kalau dikombinasi dengan view gunung? Mantap! Hati jadi ikutan adem. Indah sekali, bukan? Aku menginap di sebuah hotel yang ternyata memiliki pantai. Tempat tersebut sangat indah untuk berfoto-foto, tak lupa aku pun numpang eksis di sana. Maklumlah, mumpung background fotonya keren. I heart you. 2. Di kota Manado banyak spot indah untuk berfoto dengan m

insecurities: tragedi rambut

Hei, Maaf ya akhir-akhir ini aku banyak pikiran sehingga terlalu sering menulis di blog. Entahlah, aku merasa lebih nyaman mencurahkan uneg-uneg disini dibandingkan curhat sama teman, walaupun itu pilihan yang oke juga. Namun sejujurnya, aku sendiri tidak tahu apa yang kugelisahkan. Jadi, sepertinya random . Oh, tadi aku berniat mencoba potongan rambut baru dan dimulai dari potong poni. Setelah kutimbang-timbang, ternyata poni rata belum pernah kukenakan. Singkat cerita, aku meminta tolong Mama untuk mengguntingkannya. Dan ternyata, saudara-saudara, aku terlihat aneh karena poninya kependekan dan mengingatkanku akan sebuah boneka daruma. Ya sudahlah, que sera sera . Apapun yang terjadi terjadilah :"D Ngomong-ngomong, aku sudah mengalami banyak masalah karena rambut. Namanya juga perempuan, pasti deh insecure sama bagian-bagian tubuhnya sendiri. Termasuk juga aku. Jadi pas masa-masa puber itu, sekitar masa SMP, rambutku ngembang kayak Toad, si jamur dalam game Mario Bro

produk custom sebagai souvenir kepada mahasiswa, kenapa tidak? #merchandisekreatif

Halo, Sadarkah kamu, bahwa sekarang ini zamannya segala sesuatu yang bersifat  custom? Casing  ponsel custom couple -an, kaos custom berupa tulisan quote inspiratif... Wih, pokoknya anak zaman sekarang senang banget deh sesuatu yang menunjukkan identitas dan kepribadiannya. Entah gothic , ceria, pemalu, penggalau.. Kalau gothic ya barang-barang dia kebanyakan berwarna gelap. Ceria berwarna-warni, untuk si pemalu barang-barang yang dimiliki berwarna kalem tapi menggemaskan. Sementara untuk si penggalau, biasa pakai tulisan-tulisan dan gambar-gambar yang mewakili curahan hatinya, weiz . Produk custom menjadi tren menarik pada masa-masa sekarang. Pernah kepikiran kalau desainmu akan diwujudkan sebagai merchandise dalam bentuk produk nyata? Untuk kamu yang pengen mendesain/meng- custom barang-barang, pasti bisa banget dibantu oleh www.custombagus.com . Website dengan layout yang nyaman dilihat  ini memungkinkan desain-desainmu menjadi nyata melalui produk-produk y