Skip to main content

'Bertanya dan menjawab'-ku

 
 
Hujan turun dengan begitu antusiasnya saat aku mengetik ini. Entah mengapa, aku terdorong membuka laptopku dan berdialog dengan diriku ini. Menceritakan hal-hal yang terpikirkan namun tidak tersusun dalam kata. Suasana hati juga pas, ia selaras dengan pikiranku. Tumben sekali karena biasanya mereka berdua berkonflik melulu. Baiklah, apa yang sedang diriku pikirkan saat ini? Yuk, kita mulai wawancaranya.

Catatan wawancara antara Hanna dengan Hanna.

Q: Kenapa sih kamu jadi ambil psikologi?
A: Karena topik yang sangat menarik dan menantang, dan suka juga dengan cara belajar membaca buku.

Q: Adakah alasan mendalam saat benar-benar memutuskan terjun ke dalam perkuliahan psikologi?
A: Ada inspirasi tentang betapa indahnya berkarya lewat orang lain. Seorang psikolog yang berhasil membuat seorang calon pemimpin percaya diri, sangat berjasa baginya dan berkarya lewat orang yang ditolong pula.

Q: Tapi, kamu sendiri kan belum 'benar' dan 'stabil'?
A: Nah itu, sedang dalam proses membenarkan diri sendiri sebelum membenarkan orang lain. Salah satunya melalui kuliah psikologi yang seringkali disebut 'rawat jalan'.

Q: Adakah topik lain yang kamu minati selain psikologi, sebenarnya?
A: Banyak, kok. Tapi entah mengapa aku ingin mendalami sub-subjudul dari psikologi tersebut, entah anak, remaja, penyakit-penyakitnya, bahkan seni menghadapi kematian. Semoga bisa!

Q: Kamu kewalahan nggak dengan tugas-tugas ini?
A: Lumayan, tapi berusahalah berpikir positif. Lebih baik sibuk dengan tugas daripada sibuk ngurusin hidup orang lain, hehe.

Q: Bagaimana cara kamu menyemangati diri sendiri saat terpuruk?
A: Banyak hal-hal yang lebih parah dari ini, biasanya aku akan bilang pada diriku, 'berhentilah mengasihani diri'. aku kadang memang kejam dan perfeksionis terhadap diri sendiri, haha.

Q: Ada quote yang membantu?
A: Bukan quote sih, hanya sebuah tanpa baca. ';'. Titik koma. Artinya adalah, lanjutkanlah kalimat tersebut walaupun kau bisa memilih untuk menutupnya. Kontinuitas itu penting, bulatkanlah pilihan untuk lanjut tersebut. Aku suka sekali dengan makna dari tanda tersebut.

Q: Hal-hal penting apa sih yang perlu dimiliki seorang calon psikolog?
A: Punya empati, harus empiris, harus mau belajar dari apapun dan rendah hati. Jangan sekali-sekali tinggi hati, kalau mendongak terus nanti kalau ada batu dibawah nggak kelihatan dan malah kesandung. Terus salah siapa dong, hehe.

Q: Apa sih yang paling kamu takutkan sekarang?
A: Aku takut aku bangga dan menjadi sombong dan meremehkan hal-hal krusial. Selalu dan selalu kuingatkan diriku untuk tidak menjadi bangga. Lebih baik merasa lega daripada merasa bangga. Begitulah opiniku, haha.

 Q: Adakah rencana-rencana lain setelah lulus?
A: Masih gelap, yang penting bisa menyembuhkan diriku sendiri dulu (aku pasien pertama diriku sendiri, lho) kemudian berkarya lewat orang-orang lain.

Baiklah, ternyata aku berhasil menyampaikan hal-hal ini. Hujan masih belum berhenti saat ini, hanya mengecil sedikit intensitasnya. Oke, sesi wawancara ini dihentikan terdahulu karena ternyata aku sudah cukup puas. Eits, puas untuk sementara. Aku tidak bisa berjanji untuk tidak melakukan wawancara sesi selanjutnya lain kali.

Terima kasih sudah membaca kalau kamu masih membaca teks ini. :-P

Comments

Popular posts from this blog

Manado, kota yang penuh kesan

Haloo, jadi sebetulnya ini adalah tulisan yang tertunda. Aku tidak bisa menuliskan trip secara detail karena aku sempat malas menulis dan kini saat berhasil mendapatkan mood , aku malah lupa-lupa ingat. :") Maafkan saya. Aku sempat mengunjungi Manado beberapa waktu yang lalu (secara mendadak dan menyenangkan) dan akan mengulasnya sebisaku pada tulisan ini. C heck these points out ! 1. Kita dapat dengan mudah melihat keindahan laut dan pegunungan di kota Manado Pemandangan unik kombinasi laut dan gunung di Manado. Pegunungan ini terlihat dari sebuah pantai. Pantainya sendiri saja sudah indah, bagaimana kalau dikombinasi dengan view gunung? Mantap! Hati jadi ikutan adem. Indah sekali, bukan? Aku menginap di sebuah hotel yang ternyata memiliki pantai. Tempat tersebut sangat indah untuk berfoto-foto, tak lupa aku pun numpang eksis di sana. Maklumlah, mumpung background fotonya keren. I heart you. 2. Di kota Manado banyak spot indah untuk berfoto dengan m

insecurities: tragedi rambut

Hei, Maaf ya akhir-akhir ini aku banyak pikiran sehingga terlalu sering menulis di blog. Entahlah, aku merasa lebih nyaman mencurahkan uneg-uneg disini dibandingkan curhat sama teman, walaupun itu pilihan yang oke juga. Namun sejujurnya, aku sendiri tidak tahu apa yang kugelisahkan. Jadi, sepertinya random . Oh, tadi aku berniat mencoba potongan rambut baru dan dimulai dari potong poni. Setelah kutimbang-timbang, ternyata poni rata belum pernah kukenakan. Singkat cerita, aku meminta tolong Mama untuk mengguntingkannya. Dan ternyata, saudara-saudara, aku terlihat aneh karena poninya kependekan dan mengingatkanku akan sebuah boneka daruma. Ya sudahlah, que sera sera . Apapun yang terjadi terjadilah :"D Ngomong-ngomong, aku sudah mengalami banyak masalah karena rambut. Namanya juga perempuan, pasti deh insecure sama bagian-bagian tubuhnya sendiri. Termasuk juga aku. Jadi pas masa-masa puber itu, sekitar masa SMP, rambutku ngembang kayak Toad, si jamur dalam game Mario Bro

produk custom sebagai souvenir kepada mahasiswa, kenapa tidak? #merchandisekreatif

Halo, Sadarkah kamu, bahwa sekarang ini zamannya segala sesuatu yang bersifat  custom? Casing  ponsel custom couple -an, kaos custom berupa tulisan quote inspiratif... Wih, pokoknya anak zaman sekarang senang banget deh sesuatu yang menunjukkan identitas dan kepribadiannya. Entah gothic , ceria, pemalu, penggalau.. Kalau gothic ya barang-barang dia kebanyakan berwarna gelap. Ceria berwarna-warni, untuk si pemalu barang-barang yang dimiliki berwarna kalem tapi menggemaskan. Sementara untuk si penggalau, biasa pakai tulisan-tulisan dan gambar-gambar yang mewakili curahan hatinya, weiz . Produk custom menjadi tren menarik pada masa-masa sekarang. Pernah kepikiran kalau desainmu akan diwujudkan sebagai merchandise dalam bentuk produk nyata? Untuk kamu yang pengen mendesain/meng- custom barang-barang, pasti bisa banget dibantu oleh www.custombagus.com . Website dengan layout yang nyaman dilihat  ini memungkinkan desain-desainmu menjadi nyata melalui produk-produk y